Pages

6.30.2012

Pengusaha Slovakia Tanam Modal di PLTU Batam




 Batam: Perusahaan dari negara Slovakia akan menanam modal di bidang pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berkapasitas dua kali 50 megawatt senilai 185 juta dolar AS di Kabil, Batam, Kepulauan Riau. Proyek itu akan dikerjasamakan dengan PT Pembangunan Kota Batam (PKB).

Demikian disampaikan Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas Badan Pengusahaan Batam, Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Sabtu (30/6).

Dwi Djoko mengatakan itu usai menerima kunjungan Sekretaris Pertama Bidang Ekonomi dan Perdagangan Kedutaan Besar Slovakia Miroslav Ondrej. Turut serta dalam kunjungan tersebut Presiden Direktur Istroenergo Group (IEG) Jozef Barat dan Deputi Direktur Bank Exim Slovakia, Rudolf Silahovec.

Djoko menjelaskan rencana investasi ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama antara PKB dan perusahaan Slovakia.

Penandatanganan naskah perjanjian empat bidang usaha, antara lain proyek PLTU itu diteken kedua pihak di Bratislava, Slovakia pada 12 Juni 2012. Acara ini disaksikan Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri Keuangan Pemerintah Slovakia.

Rombongan tamu dari Slovakia dalam kunjungan ke Kantor BP Batam mendapatkan penjelasan tentang iklim investasi Pulau Batam yang berstatus daerah perdagangan bebas dan pelabuhan bebas atau "free trade zone" (FTZ). Mereka juga meninjau Kawasan Kabil Industrial Estate.

Terkait dengan rencana investasi bidang PLTU tersebut, Dwi Djoko mengatakan pembangunan kelistrikan di Batam terus mengalami kemajuan. BP Batam selaku pengelola FTZ akan memberikan asistensi dan memfasilitasi sebaik mungkin.(Ant/BEY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar