Pages

7.10.2012

Sekilas tentang Rumah Liar (Ruli) Batam




Rumah liar adalah sebuah bangunan yang didirikan begitu saja tanpa ada Surat Izin Mendirikan Bangunan dan hak Memiliki lahan atau tempat dimana rumah itu dibangun.
Artinya Rumah Liar (Ruli) Bisa didirikan dimanapun Ada lahan Kosong.

Tahun 2000, rumah liar di Batam sangat gampang di temukan, bahkan di pinggir Jalan Raya umum. Bisa di bilang pada saat itu RULI atau Rumah Liar ada di setiap Sudut Kota Batam.

Bangunan Rumah Liar, terbuat dari apa adanya, tidak layaknya seperti Perumahan yang sering kita lihat,  material yang digunakan adalah Triplek sebagai dinding rumah, kayu Bakau dari Hutan sebagai tiang, atapnya dari terpal atau Getah.

Jika anda baru melihat Rumah Liar pada pertama kali, anda pasti berpikir, ini rumah apa Gubuk.
Anehnya biar-pun rumah liar tapi memiliki penerangan PLN yang Sah, juga ATB hanya saja ATB berbeda cara penyaluran air bersih ke Warga RULI. Tidak seperti PLN yang Langsung ada Meteran di Setiap rumah.

ATB, mendirikan sebuah Post atau depot Air… dimana ada Orang yang khusu Mengelola Post Air tersebut, dari situlah air dialirkan ke rumah liar menggunakan selang…. Sesuai permintaan warga seberapa banyak kebutuhannya.

Sosial di Rumah Liar

Masalah social di Rumah liar yang saya amati Sangat Bagus, dimana kepedulian antara tetangga dengan yang lain sangat tinggi. Tidak seperti di komplek Perumahan yang mungkin hanya memikirkan dirinya saja, karma perumahan selalu tertutup.

Tapi banyak hal aneh bisa kita lihat pada warga Rumah –liar ini. Contoh: Banyak orang tinggal di Rumah –Liar tapi sudah punya KPR atau Perumahan…. Bahkan punya mobil mewah hingga taxi sampai Puluhan.
Terkadang tinggal di Rumah liar tidak semua orang memang benar benar orang yang tidak mampu beli rumah, tapi banyak yang hanya menjadikan hal itu sebagai topeng.


Keamanan

Sama juga seperti perumahan pada umumnya,
Ada ronda malam secara bergantian, dan setiap rumah tangga wajib ada iuran tiap bulan.

Budaya

Karena 90% penghuni pulau Batam adalah Perantau jadi bisa dikatakan dalam satu RT ada berbagai suku. Jadi kalau ada acara adat suku tertentu menjadi daya tarik tersendiri bagi warga setempat. Satu RT bisa diwarnai bebagai Suku yaitu  Jawa, Padang, Batak, Manado, Jambi, Palembang, Buton,Aceh, Lampung, Melayu bahkan etnis China.
Dari Pengamatan saya kehidupan di RULI itu sangat tentram.

Hidup di rumah liar sama seperti diatas kapal laut yang lagi berlayar di lautan Antartika, kapan pun ombak menerjak harus siap menghadapinya,
Kapanpun Pemko akan menggusur Rumah Liar atau RULI harus siap dengan segala resiko.
Salam



Tidak ada komentar:

Posting Komentar