Pages

7.05.2012

Gempita Tanam 100.000 batang Trembesi di Batam

Gempita tanam 100.000 batang Trembesi di Batam

Extra_large_hutan

BATAM: Di tengah hingar bingar aktivitas industri di Kota Batam, sebuah organisasi nirlaba Gerakan Masyarakat Peduli Batam (Gempita) melakukan suatu kegiatan positif bernama Batam Ecogreen Society.

Kegiatan ini berupa penanaman 100.000 batang pohon Trembesi di seluruh wilayah Batam sepanjang 2012.

Pada Sabtu, 7 Juli 2012 mendatang rencananya akan diadakan gerakan penanaman 15.000 batang pohon Trembesi sepanjang jalan protokol kota Batam dari Batu Ampar (kawasan pelabuhan laut) sampai Hang Nadim (kawasan bandara).

Penanaman serentak dimulai pagi-pagi pukul 06.00 WIB dan official ceremony. Warga yang sudah menanam pohon akan diapresiasi dengan penarikan hadiah bertempat di Stadion Temenggung Abdul Jamal, Muka Kuning, Kota Batam.

Menurut Hanny Andries, salah seorang tokoh masyarakat yang membentuk Gempita, gerakan penanaman ini adalah yang pertama di tanah air di mana melibatkan seluruh komponen masyarakat kota, dari pegawai negeri sipil, aparat militer dan kepolisian, pengusaha, karyawan swasta, seluruh tokoh agama dan berbagai kalangan masyarakat kota Batam.

"Penanaman pohon sudah banyak dilakukan berbagai organisasi. Kali ini kami coba lakukan secara bersama-sama. Kami coba menggandeng Pemkot untuk penataan pohon dan pentaan kota yg baik," kata dia.

Untuk menyukseskan acara ini masyarakat bisa membeli pin Batam Ecocare Society seharga Rp10.000 dan memakainya pada acara penanaman dan ceremony. Gempita menyediakan 30.000 pin tersebut bagi masyarakat yang ingin turut serta.
Namun sampai 4 hari sebelum acara penanaman, baru 13.000 pin yang terjual. Uniknya dalam pin tersebut juga disertai nomor undian untuk tujuh hadiah. Hadiah utama adalah sebuah mobil Avanza.

Acara ini sebenarnya adalah lanjutan keberhasilan Gempita menanam pohon sejak awal tahun ini. Langkah awal, gelaran bertajuk Go Green Reforest Batam ini melakukan penanaman pohon di kawasan perusahaan PT Boynits Internasional Batam, Sabtu 11 Februari 2012. Rencananya, akan ditanam 10.000 pohon di seluruh kawasan industri di Kota Batam. (k16/arh)

Berita Terkait:
 GEMPITA Tanam 10 Ribu Pohon di Batam

2 komentar: